Monday, October 20, 2014

Buku, Naura dan Dongeng

Jujur.. saya bukan termasuk orang yang gemar membaca.
Lebih suka berkutik dengan angka ketimbang huruf #ngeles

Tapi.. berkat itulah saya jadi bertekad sejak dini, untuk mengenalkan buku bacaan ke Gie :D
Awalnya sih nggak niat-niat amat, karna mikirnya gampil.. "ini anak pasti terbiasa karna kita kenalin dari kecil" dengan asumsi: anak adalah mesin fotocopy tercepat di dunia.
Yang perlu digaris bawahi, ini anak mau ngopi kelakuan siapa? kalo Ayah dan Mbu-nya aja nggak terlalu gemar baca :P Tampaknya saya lupa menggarisbawahi kalimat tsb.

Diumurnya yang baru 1 tahun, coba beliin sebuah buku dulu.
Sengaja beli yang hardcover biar agak awet.
Anaknya memang belum ngerti, tapi paling nggak saya berharap dia ada ketertarikan terhadap buku yang bergambar serta berwarna ;)


Awalnya si anak mungil ini cuma bolak-balik bukunya aja, tapi cuma sebentar. Hahaha..
Oke sipp, bukunya saya simpen dulu, dari pada keselip atau rusak gak karuan.
Trus dapet beberapa buku saku dari Bundanya Farrel..kirain bakal suka karna bentuknya lebih unyu.
Dan ternyata responnya sama, liat-liat bentar trus ditinggal gitu aja bukunya :||

Bulan depannya kita coba *lagi* kluarin buku-bukunya.
Kali ini liat-liatnya lebih lama dan.. lebih bertenaga untuk merobeknya.. :(
Oke sipp, yang tadinya masih mulus, trus robek dikit.. dikiiiit.. dan jadi banyak :e
*kremet anak pintar*

Saya jadi mikir, oh.. mungkin terlalu dini kali yaa untuk ngenalinnya. Jadi.. urusan buku, dilupakan sejenak. Toh si anak aktif ini udah seneng tiap nemu kertas, undangan, koran atau apapun ituu.. di kremet dan sobek-sobek.. dari 1, jadi banyaaaak.. Ahahaha..
Ciiiiium.. siniiii.. di cium deh yang suka brantakin rumah :k :k :h

1 Tahun berlalu, dan mencoba beliin Buku Dongeng diusia Gie yang meninjak 2 tahun.
Kali ini buku kumpulan dongeng, udah pasti bukan hardcover.
Bukunya-pun beli karna ada diskon di Bilna :O


Keliatannya dia cukup happy yaa di beliin buku kali ini??
Saya pun seneng liat ekspresinya :k
Tapi.. betiii..
Gak bisa diem, baru mulai cerita 2 kalimat, anaknya udah kabur.
Gagal maning deh 'maaaak..
Hal positifnya, dia udah mulai ngerti kalo bukunya nggak boleh di rusakin.
Hopeless? Nyoih kakaaak!

Sampai tiba-tiba saya melirik di mbah google, ada paket "Halo Balita" dari Mizan.
Arrrgh.. cuma bisa ngebatin. Andai si anak cerdas ini mau di dongengin, dengan senang hati saya membacakannya sebelum tidur :h
Pingin beli? Mau, tapi duit dari mana 'cong? :P
Ikut program cicilannya? Masih galau, kalo anaknya nggak mau pan sayang.

Sampai suatu ketika, nemu di fb, ada yang posting tentang arisannya *dasar emak-emak*
Setelah di hitung-hitung koq harganya nggak terlalu jauh ketimbang beli cash.
Trus kalo anaknya nggak mau pegimana? Ehm.. kali ini mikirnya beda lagi.
Sepupunya kan ada yang seumuran, dan kita emang suka pinjem-pinjeman *emak irit*, jadi yaa udahlah yaa..
nggak usah terlalu pusing buat menghibahkannya #tutupmata #toyorkepala

Ayah tau? Enggaaaaak..
Ahahaha.. dia bisa ngamuk kalo tau saya ngambil cicilan 300rb/bulan selama 10x :e
Bukan masalah 300rb-nya. Tapi masalah bukunya ini lhoo.. 300rb/bulan hanya untuk buku, mungkin untuk suami *kayak suami saya, heuheuu..* agak berat buat terima kenyataan kalo istrinya ini mau-mauan beli buku macam ini :D :D :P
Tapiii.. saya pun membeli dengan uang keringat saya sendiri, alias pake gaji saya #merunduk #pembelaandiri
Dan.. kalo emang bukunya bagus, kenapa enggak kan??!
Secara bukunya ini ada unsur agamisnya juga, dilengkapi dengan e-Pen.
Ada 25 buku hardcover dengan laminating/lapis plastik, dengan kemasan menarik disertai boneka tangan itu masuk dalam paket Halo Balita yang saya pesan.
Alhamdulillah dapat nomer urut ke-2 di arisannya, jadi gak butuh waktu lama untuk bisa nikmati buku kece itu.
Yaudah, modal nekat, buat Gie juga. Maaf yaa Ayah, aku nggak bilang-bilang :||

Oiya, sejak beberapa bulan lalu, Gie yang lagi nge-fans banget sama Naura.
Awalnya karna sering liat You Tube, tapi Alhamdulillah akhirnya bisa dapetin albumnya.
Albumnya saya dapatkan berkat ikutan PO di fb-nya Mbak Nola Be-Three.
Gak nyesel menanti 3 bulan kehadiran album ini, secara lagu anak-anak udah jarang beredar, so.. kudu mesti beli album ini. Suaranya Naura itu bikin merinding, cakeeeeep banget!


Tiap malam Gie slalu minta di stelin lagunya Naura, kadang emaknya yang kebo-pun ikutan pules ampe subuh. Xoxoo..
Dan salah satu lagunya Naura itu berjudul "Dongeng".
Kata dongeng udah makin familiar di telinga Gie, sampai akhirnya.. entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba Gie bilang "bacain Agie dongeng Mbu.."
Akhirnya tiap malam dibacain buku dongeng yang sudah 6 bulan ngendap di lemari :D
Tanpa terasa 2 minggu berlalu.
Kalo Ayah libur, gantian.. ayah yang bacain Gie dongeng *emaknya udah ngorok duluan*.
Anak ini makin manis aja deh.. dia hikmat gitu dengerin aneka ceritanya, sesekali bertanya "ini apa?" *nggak sesekali juga sih, kadang ampe bosen jawabnya karna ditanya berulang-ulang :r
Bener-bener nikmaaaat banget deh pillow talk sama si balita yang masih semata wayang ini.
Ayah juga gitu.. *nggak manis, tapi lucu :D soalnya ayah punya gaya tersendiri tiap bacain dongeng :k

Sambil nunggu dapet arisan, liat lagi di fb.
Ternyata ada lhoo yang jual buku-buku jadul dan ada yang second tapi dalam kondisi masih bagus.
Ada yang bahasa Indo, ada juga yang in English.
Belinya pun berebutan, wkwkwk.. brasa beli kacang goreng *ini racun banget sih fb :P
Tanpa di duga, bukunya datang bersamaan dengan buku arisan hari jum'at lalu.
Yeaaaay.. dirumah jadi banyak buku.


Tapi yaa ngeluarinnya dikit-dikit aja, biar gak berceceran.
So far, Gie cukup rapih dalam menjaga bukunya.
Alhamdulillah.. ternyata memang nggak ada usaha yang sia-sia.
Dan sampai detik ini respon ayah baru "gede amat bukunya" sewaktu melihat buku Halo Balita.
Ehm.. kamu nggak tau aja 'yah, berapa harganya :e
#cipokAyah

No comments:

ET Smileys

ET Smileys